MSI N560GTX Ti-Hawk

MSI N560GTX Ti-Hawk, The Power of 950MHz

Posted: 22 Jun 2011 15:48:25 Viewed: 2219 time(s)
 
Yang dinanti-nanti telah tiba, akhirnya MSI telah menerbitkan graphic card nVidia GeForce N560GTX-Ti Hawk. Sebenarnya seberapa istimewakah tambahan kata Hawk ini pada graphic card MSI GTX 560 Ti besutan MSI? Seperti pada beberapa varian graphic card besutan MSI sebelumnya, embel-embel Hawk ini menunjukan bahwa graphic card tersebut merupakan tingkatan yang lebih tinggi dari sebuah seri. Sebagai contoh, untuk nVidia GeForce GTX560-Ti, MSI sudah merilis beberapa varian N560GTX-Ti sebelumnya dan tentunya varian terakhir akan muncul dengan spesifikasi tertinggi, dan pasti akan mendapat tambahan pangkat Hawk tersebut.
Graphic card yang dibanderol dengan harga dibawah 3 juta ini memiliki beberapa kelebihan. Pada MSI N560GTX-Ti Hawk, Anda tidak perlu repot-repot melakukan overclock untuk menaikan performa graphic card Anda, karena MSI sudah melakukannya untuk Anda, dan overclock yang dilakukan MSI untuk graphic card ini cukup maksimal. Sebagai perbandingan, MSI N560GTX-Ti Twin Frozr II, memiliki kecepatan core clock sebesar 822 MHz. Kemudian MSI membesut seri N560GTX-Ti Twin Frozr II lagi tetapi kali ini dengan tambahan OC yang berarti MSI sudah melakukan overclock pada graphic card ini, sehingga kecepatannya menjadi 880 MHz, terlihat meningkat tajam dibanding seri sebelumnya. Dan kini MSI kembali melakukan overclock yang lebih maksimal, sehingga MSI N560GTX-Ti Hawk memiliki kecepatan core clock yang cukup fantastis, yaitu 950 MHz.
Mengenai desain, MSI N560GTX-Ti Hawk tidak jauh berbeda dengan seri graphic card berpendingin Twin Frozr besutan MSI lainnya, perbedaan hanya terdapat pada casing kipas berbentuk kotak dengan tambahan aksen hitam-merah pada pojok kiri bawah dari graphic card ini. Untuk koneksi, MSI N560GTX-Ti Hawk memiliki 2 buah slot DVI dan 1 buah slot mini HDMI. Berikut spesifikasi singkat dari MSI N560GTX-Ti Hawk:
-      Engine Clock Speed: 950 MHz
-      Memory Provided: 1Gb DDR5
-      Memory Bus: 256bit
Untuk pengujian dari MSI NGTX560-Ti Hawk, menggunakan desktop PC dengan spesifikasi:
-      Prosesor: Intel i7 920 @ 3.60GHz
-      Motherboard: ASUS P6X58D-E
-   Cooling: Noctua NH-U12P SE 1366
-      Memory: Mushkin Redline DDR3 1600MHz
-      PSU: Mushkin 800 watt Modular Power Supply
Pengujian menggunakan 3 buah video game, yaitu 2 buah game dengan genre 1st person shooter dengan judul Alien VS Predator dan Call of Duty: Modern Warfare 2. Kemudian berlanjut dengan 1 buah game 3rd person  shooter dengan judul Just Cause 2. Ketiga game tersebut dipilih karena game tersebut membutuhkan spesifikasi yang cukup berat untuk dapat menampilkan performa yang optimal. Ketiga game ini di set dengan konfigurasi:
-      4xAA
-      16xAF
-      Texture Quality =  Very High
Dari hasil uji coba, didapat hasil untuk masing-masing resolusi dengan perhitungan menggunakan satuan FPS (Frame per Second), dimana semakin banyak FPS yang didapat semakin baik nilainya.






Walaupun dengan game yang membutuhkan spesifikasi cukup berat, MSi N560GTX-Ti Hawk dapat menunjukan performa yang cukup optimal, kecuali pada game Alien VS Predator yang diset pada resolusi 2560x1600 dimana hanya mendapatkan 20 FPS saja.
Pengujian dilanjutkan dengan mengukur temperatur dari N560GTX-Ti, dimana pengujian temperatur ini sangatlah penting mengingat panas yang berlebih pada komponen PC dapat merusak hardware secara permanen. Pengujian temperatur menggunakan konfigurasi sebagai berikut:
-      Monitoring dengan software MSI Afterburner
-      15 menit pada posisi load
-      20 menit pada posisi idle
-      Temperatur di ukur dengan satuan derajat celcius.
Dan dari hasil ujicoba temperatur, NGTX560-Ti Hawk mendapatkan hasil sebagai berikut:






Terlihat bahwa fan non-reference dari MSI N560GTX-Ti Hawk benar-benar dapat mengusir panas dengan sempurna. Walaupun graphic card ini sudah di overclock hingga 950Mhz, tetapi suhu untuk posisi idle hanya 28 C, dan ketika bekerja keras hanya menyentuh di angka 64 C. Tetapi angka ini didapat apabila chassis desktop Anda memiliki airflow yang cukup memadai.
Kesimpulan yang didapat, akhir-akhir ini MSI sepertinya sudah menancapkan kukunya dalam memproduksi komponen yang berkelas. Termasuk pada graphic card N560GTX-Ti Hawk ini. Dengan performa menawan dan sistem pendingin yang optimal, MSI N560GTX-Ti Hawk sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan kualitas grafis yang optimal dengan harga yang tidak begitu menguras kantung.

0 komentar:

Posting Komentar