Acer GD245HQ

Acer GD245HQ, Revolution for Gamers


 
Demam 3D sepertinya sedang melanda dunia beberapa waktu terakhir ini, mulai dari film ataupun video game semua memberikan pilihan untuk dinikmati dalam format 3D. Beberapa waktu terakhir 3D hanya dapat disaksiksan di layar lebar saja, tetapi sekarang mulai merambah ruang keluarga Anda dan bahkan terakhir mulai menjajah meja komputer Anda. Monitor 3D yang siap menjajah meja komputer Anda salah satunya dibawa oleh pabrikan Acer dengan seri terbarunya yaitu Acer GD245HQ.
Monitor 3D ini dibanderol dengan harga 4 jutaan, harga ini jauh lebih murah dibandingkan harga TV 3D saat ini. Dipersenjatai dengan koneksi D-Sub, DVI dan HDMI, memiliki layar berukuran 24 inci, dan resolusi maksimal sebesar 1920 x 1080, Acer GD245HQ berukuran cukup besar dan mampu menampilkan resolusi Full-HD.
Acer GD245HQ memiliki desain yang boleh dibilang sedikit berbeda dengan monitor pabrikan lain. Beberapa pabrikan monitor lain mendesain produknya dengan sentuhan lembut dan elegan. Tetapi tidak dengan Acer GD245HQ, monitornya sendiri berbentuk kotak tegas. Dan desainnya yang tegas tadi tidak hanya berhenti di monitor saja, kaki penyangga nya pun berdesain macho, berwarna orange dan abu-abu, desain dari penyangga monitor ini sekilas terlihat seperti kaki sebuah Wanzer pada video game Front Mission.
Pada monitor PC, biasanya hanya memiliki refresh rate sebesar 60Hz. Tetapi untuk monitor 3D, refresh rate bisa 2 kali lipat dari monitor biasa, yaitu sebesar 120Hz. Semakin besar refresh rate biasanya membuat mata menjadi cepat lelah untuk menatap monitor dalam jarak dekat. Tetapi tidak untuk Acer GD245HQ, ternyata berlama-lama menatap monitor ini sama seperti Anda menatap monitor biasa dengan refresh rate 60Hz. Untuk dapat menampilkan efek 3D pada video game, tentunya Anda harus memiliki kartu grafis yang mumpuni dan sudah men-support teknologi 3D seperti nVidia dengan 3D vision nya. Dan tentunya seperti biasanya, tidak lupa Anda juga harus menggunakan kacamata 3D, baik dari pabrikan nVidia ataupun pabrikan lain untuk dapat menikmati efek 3D dari monitor ini.
Mengenai kualitas gambar, untuk gambar 3D, Acer GD245HQ benar-benar menunjukan kualitasnya. Untuk game bergenre 1st person shooting dan racing, efek 3Dnya begitu terasa. Warna yang dihasilkan Acer GD245HQ juga sangat hidup dan jernih. Walaupun berjudul untuk gamers, ternyata untuk memutar film dengan format 3D pun sama baiknya dengan ketika ujicoba menggunakan video game. Tetapi bagaimana dengan kualitas gambar ketika digunakan untuk memproses gambar yang bukan 3D? Secara keseluruhan, berkat refresh rate nya yang cukup besar, kualitas gambar dari Acer GD245HQ terlihat lebih bagus beberapa tingkat di atas monitor standar, tetapi kualitas gambar pada format 2D dari Acer GD245HQ masuk ke dalam golongan bagus tetapi bukan yang terbaik.
Kesimpulan dari Acer GD245HQ, untuk saat ini monitor PC dengan dukungan 3D memang tidak banyak, tetapi boleh dibilang Acer GD245HQ dapat menjadi rekomendasi apabila dilihat dari segi harga dan fitur yang ditawarkan. Bagi Anda yang ingin bertualang menikmati pengalaman yang lebih dalam bermain video game, monitor ini dapat menjadi sahabat mata Anda, refresh rate nya yang sebesar 120Hz tidak membuat mata lelah dan membuat betah berlama-lama menikmati game atau film dengan kualitas 3D. Jadi, siapkan diri Anda menikmati hiburan masa depan, dan siapkan juga diri Anda untuk merasakan sensasi peluru nyasar yang langsung keluar dari monitor Anda dengan Acer GD245HQ.

0 komentar:

Posting Komentar